Bakcground copyy
welcome web 2022
previous arrow
next arrow
Home / Berita Terbaru / Terkait Pengaduan Masyarakat, Komisi I Gelar Sidak di RSUD Kepahiang

Terkait Pengaduan Masyarakat, Komisi I Gelar Sidak di RSUD Kepahiang

DPRDKEPAHIANG- Komisi I DPRD Kabupaten Kepahiang menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kepahiang terkait adanya pengaduan masyarakat atas pelayanan kesehatan di rumah sakit, Rabu (21/09/2022).

Sidak ini juga dilaksanakan demi memastikan seluruh pelayanan setiap unit di rumah sakit sudah berjalan dengan baik sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
Dalam sidaknya, Ketua Komisi I Nanto Usni didampingi oleh Wakil Ketua Komisi Candra dan anggota Hendri A.Md langsung menuju pelayanan publik yang ada di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Komisi I menanyakan petugas mengenai prosedur pelayanan dan mempertanyakan permasalahan pengaduan masyarakat yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Nanto Usni menyampaikan kepada pihak RSUD Kepahiang khususnya tenaga kesehatan yang merupakan salah satu garda terdepan bagi pelayanan kesehatan untuk selalu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Kepada seluruh tenaga medis saya meminta agar selalu memberikan pelayanan prima, apalagi RSUD Kepahiang merupakan satu-satunya rumah sakit di Kabupaten Kepahiang. Oleh karena itu hendaknya pelayanan masyarakat dapat lebih dimaksimalkan berdasarkan etika keperawatan, mengingat beragamnya kondisi dan situasi masyarakat yang datang berobat. Saya harap kejadian sebelumnya terkait pengaduan masyarakat tidak terulang lagi.” jelasnya.

Hal senada disampaikan Hendri, A.Md., ia berharap pelayanan terhadap pasien dapat dilakukan tanpa pandang bulu dan mengutamakan kesehatan pasien. Edukasi, informasi dan pelayanan kepada pasien hendaknya disampaikan dan dilakukan perawat dengan lebih ramah, demi kenyamanan pasien atau masyarakat disaat berobat.

Selanjutnya Komisi I didampingi oleh Direktur RSUD Kepahiang Dr. Febi Nursanda beserta jajaran meninjau ketersediaan obat dan beberapa sarana prasarana rumah sakit yang perlu dilakukan perbaikan, termasuk instalasi, kondisi ruangan dan ketersediaan air bersih.

Dikatakan Nanto Usni, “Dari yang saya lihat banyak ruangan yang perlu diperbaiki, mulai dari atap ruangan yang bocor juga terdapat plafon dan dinding yang rusak. Kami harapkan untuk segera dilakukan perbaikan demi kenyamanan dan keamanan pasien maupun pegawai rumah sakit itu sendiri”.

Terkait sumber air bersih di rumah sakit yang sebelumnya telah dibangun sumur bor sebanyak 4 titik namun tidak berfungsi, Komisi I berharap agar permasalahan tersebut dapat segera diatasi.
Di sisi lain Wakil Ketua Komisi I Candra yang meninjau apotik rumah sakit menyampaikan bahwa ketersediaan obat-obatan apotik RSUD sudah mulai memadai.

“Tadi secara langsung kita meninjau apotik rumah sakit, Alhamdulillah ketersediaan obat-obatan sudah memadai bahkan untuk beberapa bulan kedepan, dan juga beberapa obat yang selama ini tidak didapati di rumah sakit saat ini sudah mulai tersedia dan boleh dikatakan sudah hampir lengkap,” kata Candra.

Namun ditambahkan oleh Candra bahwa kondisi ruangan apotik tersebut sedikit memprihatinkan, karena terdapat plafon ruangan apotik yang bocor, sedangkan sebagai tempat penyimpanan obat-obatan harusnya memiliki kondisi yang baik. Untuk itu dia menyampaikan agar dapat diperbaiki supaya obat-obatan rumah sakit dapat terjaga dengan baik.

Komisi I melalui Hendri, A.Md meminta agar Pemerintah Kabupaten Kepahiang dapat segera memperhatikan permasalahan terkait prasarana rumah sakit yang rusak.

“Ruangan-ruangan yang ada di rumah sakit sangat miris sekali, kami mengharapkan kepada saudara bupati beserta jajarannya untuk meninjau ruangan-ruangan di rumah sakit yang sudah tidak layak lagi agar segera dapat diperbaiki,” ucap Hendri.

Direktur RSUD Dr. Febi Nursanda yang mendampingi pelaksanaan sidak menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komisi I DPRD yang telah memberikan beberapa koreksi terkait pelayanan dan sarana prasarana di RSUD Kepahiang.

“Kami juga mengakui banyak keterbatasan kami baik dari peralatan dan sumber daya manusia yang harus diperbaiki, koreksi dari Komisi I kami terima dengan tangan terbuka dan akan kami jalankan saran masukan yang diberikan karena kita tahu semua itu demi kebaikan kita bersama. Kami berjanji akan selalu berbenah dan memperbaiki kinerja kami baik dari segi pelayanan maupun sarana dan prasarana,” sampai Dr. Febi. (Humas DPRD)
Rabu (21/09/2022)

About DPRD Kepahiang

Check Also

Banggar Serahkan Laporan Hasil Pembahasan Raperda APBD Tahun 2023

DPRDKEPAHIANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepahiang menggelar rapat Gabungan Komisi dalam rangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *